4 Tips Untuk Menjaga Performa Mobil Baru Anda

Tips-tips sederhana untuk menjaga performa mobil baru dan hal-hal yang bisa membuat mobil Anda bertahan lebih lama!

Salah satu kualitas meyakinkan dari mobil baru adalah bahwa mereka membutuhkan servis yang jauh lebih jarang untuk membuatnya tetap berjalan dengan baik. Mengganti busi, breaker, dan kondensor hanya perlu anda lakukan sesekali.

Sekarang, busi bisa dipakai sampai sejauh 150.000 km tanpa perlu diganti. Chassis, suspensi, dan bahkan beberapa transmisi bisa dipakai seumur hidup. Dan jaminan karat pabrik biasanya berjalan enam tahun atau lebih. Terlebih lagi, kehandalan performa mobil baru telah meningkat secara signifikan. Hasilnya adalah kebanyakan mobil dan truk model akhir harus bisa berjalan 200.000 km dengan perawatan rutin.

steering wheel 801994 1920 - 4 Tips Untuk Menjaga Performa Mobil Baru Anda

Berikut adalah beberapa pemeriksaan dan prosedur sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan membantu Anda menjaga performa mobil baru.

  1. Periksa oli mesin secara berkala

Lakukan secara teratur untuk memastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi baik; lebih sering jika Anda melihat kebocoran minyak atau Anda perlu menambahkan minyak secara rutin. Mobil harus diparkir di permukaan tanah yang rata sehingga Anda bisa mendapatkan pembacaan dipstick yang akurat. Jika Anda memiliki kebocoran, temukan dan perbaiki segera.

  1. Periksa tekanan udara ban

Sekali sebulan dan sebelum perjalanan darat yang panjang, gunakan alat pengukur tekanan ban yang akurat untuk memeriksa tekanan inflasi di setiap ban, termasuk cadangannya.

  • Lakukan ini saat bannya dingin (sebelum kendaraan digerakkan atau setelah tidak lebih dari beberapa mil mengemudi).
  • Gunakan tekanan inflasi yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan, bukan tekanan maksimum yang timbul pada dinding samping ban.
  • Tekanan yang dianjurkan biasanya ditemukan di plakat di pintu depan, di kompartemen laci, atau di manual pemilik.
  • Juga pastikan untuk memeriksa ban untuk pemakaian yang tidak normal atau tidak rata, dan tonjolan dinding samping yang bisa Anda lihat.

Kami menyarankan bahwa alat pengukur tekanan ban digital (yang harganya sekitar 150 sampai 250 ribu) mungkin merupakan taruhan terbaik secara keseluruhan karena mereka akan memberikan pembacaan yang akurat. Banyak alat pengukur jenis pensil (biasanya 100 sampai 150 ribu) bagus juga. Perhatikan bahwa untuk memeriksa tekanan pada ban cadangan sementara, yang seringkali 60 psi, Anda memerlukan alat pengukur yang lebih tinggi dari itu – katakanlah dari 0 sampai 45 kg.

  1. Cuci mobil setiap minggu

Cobalah untuk mencuci mobil setiap minggu, jika bisa. Cuci body mobil dan, bila perlu, bersihkan bagian bawah mobil untuk menghilangkan kotoran. Kadang, kotoran di bawah mobil tidak terlihat secara kasat mata. Kalau Anda malas untuk mencuci mobil Anda sendiri, Anda bisa membawanya ke salon mobil.

  1. Ganti jok mobil

Kalau jok mobil Anda sudah tampak kotor atau kusam, sudah saatnya Anda mengganti jok mobil Anda. Biasanya, jok mobil original berbahan seperti suede dan gampang sekali kotor. Kalau Anda merasa saying untuk membuang jok mobil original yang Anda punya, Anda bisa mengganti jok mobil Anda dengan bahan baru di FISA dan Anda bisa menyimpan jok ori Anda. Penasaran dengan harga pasang jok mobil di FISA? Bisa cek di halaman ini: Harga jok mobil Bandung

Itu dia tip-tips dari kami untuk menjaga performa mobil baru. Semoga tips-tips kami bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: